KAJIAN ISLAM DAN KARYA PENA

KAJIAN ISLAM YANG MEMUAT HAL-HAL BERKAITAN TENTANG PENGETAHUAN ISLAM BAIK SADURAN ATAU KARYA ASLI. BAIK HAL AKIDAH, MUAMALAT, FIKIH ATAUPUN TASKIYATUN NUFS (PENYUCIAN HATI)

JUGA KARYA PENA UMUM BERUPA PUISI CERPEN DAN KARANGAN ATAU ILMU PENGETAHUAN UMUM DAN PENELITIAN ILMIAH

Selasa, 21 Oktober 2014

SELAMAT JALAN GURUKU

SELAMAT JALAN GURUKU
AL USTADZ FAIZ NAJIH AL-BIN SA’ID RAHIMAHULLAH TA’ALA

Dengan menyebut Asma Allah dan Segala Puji hanya milikNya, Tuhan Semesta Alam. Yang merajai hari-hari dunia dan hari-hari pembalasan, dan memegang nyawa setiap insan. Semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada panutan seluruh umat di semesta, Imamul Anbiya, utusan Sang Pencipta,Muhammad ibn Abdillah. Dan semoga shalawat dan salam juga tetap tercurah kepada keluarganya, para sahabatnya, serta umatnya yang terus mengikuti jalannya dan menyerukan kepada jalannya hingga akhir zaman. Amma ba’d.

Entah mengapa hari-hari terakhir ini terasa kehilangan sesuatu yang indah, sesuatu yang dahulu dirindukan pencerahannya, semangatnya, dan wasiat-wasiatnya. Sosok yang penuh gelora semangat dakwah, menyerukan kebaikan dan menyerukan pentingnya JIHAD FI SABILILLAH (berjuang di jalan Allah) kini telah tiada. Beliau dipanggil oleh Allah dengan QadarNya dalam keadaan SYAHID insya Allah. Dan kini beliau beristirahat di liang lahat yang penuh barokah, penuh kedamaian, penuh kenyamanan dan nikmat setelah beliau berhasil menjawab pertanyaan kubur. Wallahu a’lam, semoga Allah merahmati beliau. Aamiin.

Profil Ustadz Faiz Najih Al-Bin Sa’id
Saya bukanlah seorang santri beliau yang sangat dekat, tidak pula pernah mengikuti mulazammah dalam kajian-kajian khusus beliau, tidak pula pernah datang ke rumahnya, akan tetapi kedekatan itu tetap melekat dalam hati saya dan saya menganggap beliau adalah salah satu guru saya yang berjasa besar dalam hidup saya. Karena dari beliaulah semangat memegang Islam dan Sunnah, semangat dakwah dan jihad terus menggelora dalam dada.

Saya hanyalah santri yang mengenal beliau semenjak SMA, dimana beliau sesekali diundang oleh teman untuk datang mengisi kajian rutin khusus dalam organisasi BDI (Badan Dakwah Islam) SMA Negeri Favorit di Kota Malang. Saya lupa apa saja yang beliau sampaikan semenjak SMA itu, akan tetapi saya mengenal beliau sosok yang ‘sangar’, tegas, namun berwibawa.

Hubungan antara saya dengan beliau sedikit memudar setelah lulus SMA, saya diombang-ambing dengan dunia kampus yang cukup hingar dan mengerikan. Belum lagi Bom Bali 1 dan 2 menyebabkan orang tua saya (yang belum mau ngaji saat itu) menjadi kelabakan dan mudah disetir oleh media. Saya pun demikian halnya, walau sudah faham tentang Islam yang lurus dan yang melenceng, namun tetap tidak faham dengan dunia kampus dan segala rahasianya.

Akhirnya saya bertemu dengan beliau kembali, setelah saya merasakan kesumpekan dalam menjalankan organisasi seni intra kampus yang penuh dengan hawa nafsu dan kebohongan. Penuh dengan ambisi ketenaran dan ambisi duniawi, saya pun terkadang curi-curi waktu saat antara latihan karawitan dengan pergi ke masjid. Terkadang pula mendapati beliau berceramah dengan semangat yang bergelora di masjid utama kampus. Semenjak saat itu, keinginan untuk keluar dari organisasi ‘setan’ itu terus bergelora. Segala Puji hanya milik Allah, saya pun akhirnya kembali kepada jalan yang diridoiNya mulai saat itu hingga mati nanti, insya Allah.

Berdasarkan pengamatan sekilas, saya yang hanya mengikuti kajian rutin beliau setiap hari senin sore Ba’d maghrib sampai Isya’ di Masjid Abu Dzar al-Ghifari Kota Malang, saya melihat adanya kewibawaan dalam tampilan beliau. Kesederhanaan menjadi ciri khas beliau, beliau hanya mengendarai sepeda butut tahun 70-an hingga akhirnya ada salah satu jamaa’ah yang menghadiahi beliau dengan sepeda motor lebih bagus. HP yang beliau miliki juga HP jadul hitam-putih, bukan Java apalagi Android dan I Phone.

Secara fisik beliau kurus, berkulit agak hitam. Di dahi beliau terdapat tanda bekas sujud dan jenggot beliau lebat. Namun, tampilan fisik beliau yang kurus tidak menampakkan beliau orang yang lemah, bahkan semagatnya berdakwah sangat membara. Walau mungkin sebagian orang mengatakan bahwa beliau seringkali berbicara lantang dan belum sampai pada tahap action, akan tetapi saya memandang bahwa beliau sebagaimana yang disampaikan oleh Imam Syafi’i kepada salah seorang yang dituduh demikian mengatakan, “Jangan kalian bicara seperti itu, sesungguhnya dia telah sampai pada ilmunya.” Sesungguhnya Ustadz Faiz telah membuktikan semangat beliau dengan bukti-bukti yang bisa disaksikan manusia. Beliau menyampaikan ilmu dan beliau tunjukkan secara nyata dengan semangat dakwahnya.

Beliau hampir tidak pernah absen mengisi kajian dengan alasan sakit, kecuali memang sakit beliau menyebabkan beliau tidak kuasa untuk mengemudikan motornya. Beliau tidak berkenan dijemput, kecuali dahulu saat sebelum bisa mengendalikan sepeda motor karena memang hal itu adalah hal yang urgen. Beliau pernah berkata, “Semua sakit-sakit hilang saat dakwah, pusing-pusing, flu, batuk, pilek, ilang sudah!”

Penyampaian beliau penuh semangat, bahkan bagi penggemar Soekarno dan Bung Tomo mungkin belum melihat hal yang sama dengan semangat beliau. Tatkala ceramah beliau berapi-api mengobarkan semangat dakwah, semangat menuntut ilmu, semangat menjalankan syariat dan menegakkannya, serta semangat jihad. Itulah yang terus beliau serukan. Kobaran semangat untuk menentang kaum kafir dan munafik terus beliau gelorakan. Kobaran semangat untuk berlindung kepada Allah dari berbagai fitnah terus beliau wasiatkan.

Beliau ustadz yang anti dengan ‘patokan tarif’. Beliau sangat marah bila ada orang yang menanyakan berapa tarif yang harus dibayarkan kepada beliau untuk ‘tips’ mengisi kajian. Beliau pernah menyinggung seseorang itu saat mengisi di masjid Abu Dzar Al-Ghifari Kota Malang, “Waktu saya mengisi kajian di suatu kota, tiba-tba ditanya, ‘Tarifnya berapa ustadz’. ‘Loh emangnya saya ini siapa pakai tarif-tarif segala...’” Lantas beliau menyitir pernyataan Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah, “Imam Hasan Al-Basri pernah ditanya, ‘Wahai Imam, kajian Anda penuh sesak dengan manusia, ada kaya dan miskin, tua dan muda?’ Apa jawab Imam Hasan Al-Basri? ‘Mereka butuh dengan ilmu saya, dan saya tidak mengusik harta mereka’” Ustadz Faiz menyampaikan dengan gaya yang khas penuh semangat. Ustadz menambahkan, “Emang antum kira dakwah ini ringan? Enak saja! berrat dakwah ini, apa ada yang berani menggantikan saya di sini?! Kalau berani silahkan! berrat ini, urusan umat! Dakwah ini bukan untuk cari uang, ustadz-ustadz yang minta tarif itu ustadz-ustadz karbitan. Dakwah ndak main-main!”

Dalam berdakwah pun beliau selalu mengingatkan jamaa’ah agar selalu fokus dan tahan terhadap ujian menuntut ilmu. Bila ada yang tidur, tak segan-segan beliau membangunkan dengan tegas tapi kemudian diajak bercanda sesuai syariat. Beliau berkata, “Ayo Banguuun! Coba-coba bangunkan itu bangunkan. Naaah fokus, ngaji itu harus kuaaat. Yang duduk di sini harus kuuuat, ustadznya ngajarnya ndak main-main. Jangan bersandar, nanti ngantuk. Yang bersandari hanya orang yang usianya 90 tahun ke atas!! Ayo maju, ayo!” Sambil tangannya mengisyaratkan semuanya untuk maju. “Tidak boleh lihat jam, yang boleh hanya ustadznya! Ngaji hanya mulai ba’da maghrib sampai isya’ itu kurang, kalau perlu sampai subuh gitu loh!”

Beliau juga ustadz yang sangat memegang teguh aqidah Islam. Dengan aqidah yang kuat, beliau tidak takut dengan tantangan apapun yang diungkapkan oleh makhluk bahkan resiko kematian sekalipun. Beliau mengatakan dengan penuh semangat, “Manusia itu hanya ada dua pilihan, kalau ndak HIDUP ya MATI gitu loh! Jadi ndak usah bingung.” Beliau juga menasehatkan untuk tidak galau di masa depan, “Banyak orang yang menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi, tapi ndak faham dien (agama). Buat apa? Katanya buat masa depan, KUBURAN itu masa depan!” Beliau mengungkapkan dengan semangat dan gaya yang khas, hadirin dalam suatu majelis pun tertawa.

Aqidah adalah hal yang paling penting. Pernah beliau sampaikan tatkala meruqyah orang yang diganggu oleh Jin. Karena beliau juga ahli dalam meruqyah, maka beliau banyak dijadikan rujukan. Salah satunya beliau pernah berkata, “Di salah satu masjid yang saat itu khotibnya saya, waktu iqomah sholat Jum’ah dikumandangkan, ndadak (mendadak) ada orang kesurupan. Langsung saya datangi dan saya sabetkan (lecutkan) sorban saya ini, qodarullah langsung sembuh. Eh, setelah sholat Jumat ada orang yang mendatangi saya tanya, ‘berapa harga sorban itu ustadz?’. ‘Ngawur aja sampean ini! yang menyembuhkan itu Allah, bukan sorban saya!’. Ya ini kalau ndak faham aqidah ya ini jadinya!”

Sosok yang tegas, kocak, penuh semangat dan terus menggelorakan jihad. Kini sosok itu telah tiada.

Wafatnya Sang Ustadz Rahimahullah Ta’ala
Pukul 06:00 WIB saya mendapat SMS dari salah seorang teman yang mengabarkan tentang meninggalnya Ustadz. Saat saya membuka inbox SMS. Pertama yang muncul potongan kalimat istirja’, penasaran dengan siapa yang meninggal lalu saya buka keseluruhan dan betapa kagetnya setelah ada tulisan ‘Ustadz Faiz Najih meninggal akibat kecelakaan’. Saat istri dan saudara saya kabari betapa kagetnya mereka. Ternyata di Tab saya pun juga penuh dengn kabar dari BBM dan Whatsapp tentang meninggalnya Sang Ustadz, begitu juga setelah membuka facebook banyak konfirmasi tentang wafatnya.

Polemik meninggalnya ustadz pun menjadi perbincangan, kapan disholatkan dan dimakamkan. Akhirnya setelah ada kepastian resmi dari Ust. Abdullah Hadhromi bahwa jenazah Ustadz Faiz akan disholatkan dan dimakamkan ba’da ashar barulah kami pun berencana langsung mendatangi Masjid An-Nur Jagalan Kota Malang mendekati ashar.

Menurut kabar berita, ustadz Faiz pada malam hari sekitar pukul 01:00 dini hari selesai menghadiri pernikahan keponakannya di Surabaya. Boleh jadi karena dikejar waktu untuk aktivitas esoknya, belum lagi ada beberapa jadwal kajian yang harus beliau isi ba’da subuhnya. Perjalanan memasuki Tol Waru-Sidoarjo arah Malang pun ditempuh pada dini hari dengan kecepatan tinggi. Saat itu yang menyetir mobil adalah keponakannya, dengan mengendarai mobil Avanza, ditumpangi oleh Istri beliau, dan ketiga anaknya (Jamila, Nuzula, dan Adiba). Mobil melaju ke arah Kota Malang dengan kecepatan tinggi, boleh jadi di atas 100 KM/Jam.

Sampai kepada beberapa kilometer setelah palang pintu masuk jalan Tol Sidoarjo, sopir berusaha menyalip Ambulan yang menghalanginya. Namun qadarullah telah terjadi, Ambulan yang ada di depan mobil pun tidak mau mengalah, akhirnya mobil saling mendekat dan terjadilah serempetan antara mobil yang ditumpangi Ustadz dengan Ambulance tersebut. Karena kondisi kecepatan tinggi, keponakannya ustadz Faiz yang saat itu menjadi sopir tidak kuasa menguasai kendali mobil. Secara reflek setir pun dibanting ke kiri yang menyebabkan kejadian fatal menimpa mereka. Mobil oleng ke kiri dan terguling dengan kecepatan tinggi lantas menabrak pembatas jalan sebelah kiri. Ustadz yang saat itu duduk di deretan kedua dengan memangku Adibah, puterinya berusaha melindungi puterinya tersebut akan tetapi terkena dampak yang paling parah. Begitu juga puterinya Adibah yang mengalami patah tulang dan pendarahan hebat.

Keponakan beliau mengalami patah tulang kaki, istri beliau mengalami patah tulang rusuk dan kaki, hanya 2 puteri beliau (Jamila dan Nuzula) yang tidak mengalami apapun kecuali luka-luka ringan. Merekalah saksi kunci yang tidak terluka parah. Semua dilarikan ke rumah sakit terdekat, akan tetapi qadarullah mendahului semuanya, Ustadz Faiz pun meninggal beberapa jam kemudian. Urusan administrasi rumah sakit menyebabkan penundaan pemakaman hingga ba’da ashar.

Menjelang jenazah Ustad Faiz disholatkan, terdengar kabar berita Adibah, puteri bungsu beliau wafat menyusul ayahandanya. Mendengar Adibah wafat, Jamila pun kaget dan jatuh pingsan, saat itulah diketahui bahwa ternyata Jamila mengalami gegar otak ringan akibat benturan saat kecelakaan. Satu-satunya yang sehat dan menemani mereka adalah Nuzula kecil, dia pun membantu semua keluarga besarnya untuk memantau perkembangan ibunya dan saudaranya. Saat Ibunya sadar dan bertanya, “Nak, dimana Abi?” Nuzula berkata, “Sudahlah Umi, Abi sudah diurus sama ikhwan-ikhwan. Sudah ada yang ngurus, ndak usah mikir Abi.” Padahal saat itu Nuzula telah mengetahui bahwa sang ayah telah wafat mendahului mereka semua. 
Kini saat artikel ditulis, kondisi Istri Sang Ustadz masih lemah di rumah sakit. Semenjak masa kritisnya sudah terlewati, beliau harus dioperasi selama enam jam dengan biaya yang sangat besar. Namun, kaum Muslimin semua saling bahu membahu mengulurkan bantuan untuk merawat mereka. Operasi patah tulang rusuk dan kaki, begitu juga sopirnya yang juga berstatus sebagai keponakannya serta perawatan Jamilah yang mengalami gegar otak ringan. Hanya nuzula yang tidak terkena dampak apapun kecuali terluka sedikit.

Ustadz faiz Najih Al-Bin Sa’id memiliki 6 (enam) orang anak, 3 (tiga) putera dan 3 (tiga) puteri secara berurutan. Mendengar kabar kematian ayahnya, sang anak sulung pun memerintahkan segera menguburkan Abinya sesuai dengan wasiat ayahnya semasa hidup, “Kalau orang wafat itu segera untuk diurus dan dimakamkan.” Itu wasiat yang pernah disampaikan Ustadz Faiz saat mengisi ta’lim. Akan tetapi tatkala mendengar kabar kematian Adibah, sang putera sulung berwasiat untuk tidak menguburkan adiknya sebelum dia datang ke Kota Malang. Mengingat perjalanan dari Isy Karima (Solo) menuju Malang, membutuhkan waktu sekitar 6-7 jam. Akhirnya Adibah pun dimakamkan ba’d Isya’.

Prosesi Pemakaman Sang Ustadz
Prosesi pemakaman Ustd Faiz al-Bin Sa’id inilah yang sempat saya saksikan dengan mata kepala saya sendiri dan langsung di tempat kejadian. Tepatnya di Masjid An-Nur Jagalan Saleyer Kota Malang.

Rencana sholat jenazah akan dilaksanakan ba’da sholat ashar (sekitar pukul 14:50), penulis saat itu berencana berangkat pukul 15:30. Betapa kagetnya penulis saat melihat kendaraan roda dua dan empat berjajar dengan berbagai jenis dan merek. Tidak biasanya bila ada kematian seramai ini. Penulis pun berusaha menerobos kerumunan masa menuju masjid, penuh sesak seakan menguburkan syaikh di Masjid Al-Haram. Penulis pun tak kuasa memasuki masjid yang sangat padat jumlahnya.

Mengingat jumlah pelayat yang sangat banyak, akhirnya sholat Ashar pun dilaksanakan dua gelombang. Gelombang pertama sangatlah sesak, bahkan jalan-jalan kampung di sekitar masjid penuh dengan manusia yang menjalankan sholat ashar. Mereka dari berbagai suku, ras, dan juga daerah. Seluruh kaum Muslimin berduka, bukan hanya Kota Malang saja akan tetapi Kaum Muslimin di Seantero Pulau Jawa, Bali dan Kalimantan merasakan kesedihan yang sama.

Saya pun diberi kesempatan oleh Allah melaksanakan sholat Ashar pada gelombang pertama. Setelah selesai menjalankan sholat, saya mundur ke belakang (memberikan kesempatan pada jamaah untuk sholat Ashar gelombang kedua). Saya menemukan keranda jenazah yang sepi dari manusia, hanya beberapa orang yang duduk di sekitarnya. Ternyata setelah saya tanya orang yang berada di sampingnya, isinya adalah jenazah ustad Faiz.  

Ini kesempatan buat saya untuk berikhtiar agar bisa sholat berjamaah di shof depan. Tatkala sholat ashar selesai, manusia mulai tertuju pada keranda yang ada. Mereka semua berebut mengangkatnya, akan tetapi 4 petugas pengangkat telah mengangkatnya dengan diiringi beberapa manusia termasuk saya. Alhamdulillah saya pun bisa sholat jenazah di gelombang pertama dengan barisan depan.

Sholat jenazah juga dilaksanakan dua gelombang. Setelah selesai melaksanakan sholat jenazah gelombang pertama, saya pun langsung menuju ke pemakaman Kasin. Saya berfikir bahwa manusia terfokus pada pengantaran jenazah dari masjid menuju pemakaman setelah sholat jenazah gelombang kedua selesai dilaksanakan, sehingga saya mendahui jamaa’ah ke pemakaman. Alhamdulillah makam pun sepi, ada dua liang lahat yang telah digali, satu milik Al-Ustadz dan yang satu milik Adibah. Saya pun mendekat ke posisi paling dekat dengan liang, di saat itulah kemudian muncul Al-Ustadz Abdullah bersama teman-teman kajian yang lainnya.

Berselang cukup lama, manusia pun berduyun-duyun mendatangi pemakaman. Jenazah tampak mulai didatangkan dengan proses berimbal. Setelah keranda dibuka, jenazah pun diangkat. Di sinilah hal yang belum pernah saya lihat selama ini benar-benar tampak. Beberapa tetesan darah merembes keluar menembus kain kafan dengan warna yang segar. Seakan seperti mujahid di medan pertempuran, sebagaimana Allah nanti akan membangkitkan mereka bersama pakaian dan darah mereka yang bercucuran dengan bau wangi kesturi.

Secara logika kejadian pada pukul 01:00 dini hari, dan meninggal tidak berselang lama dari jam 01:00. Waktu ashar adalah jam 14:40 saat itu, sehingga darah pun mengering. Terlebih setelah ada tim khusus dalam pemandian jenazah dan pembersihan luka-luka, maka otomatis darah pun kering dan tidak terlihat dari luar. Tapi ini berbeda, darah terlihat merembes dari kain kafan dan berwarna merah segar. Seakan baru saja kejadian itu menimpa beliau. Allahu Akbar!!!

Setelah jenazah dimasukkan ke liang lahat dan ditutup sempurna dengan tanah, batu nisan pun ditancapkan. Kemudian majulah seorang ustad senior Al-Ustadz Abdullah Shalih Hadhromi yang mengisi tausiyah tentang kematian. “Setiap orang pasti mati namun cita-cita kita adalah mati Husnul Khotimah. Sedangkan saya sendiri memiliki harapan untuk mati di Tanah Palestina. Mati melawan Zionis Yahudi.” Pidato beliau berkobar saat di area pemakaman tersebut disaksikan oleh pelayat yang sangat banyak.

Setelah rangkaian pemakaman selesai, semua pun bubar meninggalkan pusara. Ada yang masih mengabadikan pusara dengan kamera dan juga melanjutakan doa. Itulah kenangan bersama guru kami Ust. Faiz Najih al-Bin Sa’id. Semoga Allah menerima semua amal beliau dan mengampuni semua dosa beliau hingga kita pun menyusulnya dengan Husunul Khotimah dan dipertemukan dengan beliau di syurgaNya kelak. Aamiin.

Penulis:
@nd.





Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Suara Nada Islami

3 komentar:

Kholifah Hariyani mengatakan...

Saya mencintai Ust. Faiz karena Allah, saya mendapat hidayah lewat perantara dakwah beliau.
Saya juga bukan siapa-siapa, tapi saya bahagia saat bersama beliau dalam satu kajian, saat satu meja dalam sebuah perjamuan, pun saat satu kendaraan dalam satu perjalanan... rindunya bila ingat semua itu.
Semoga Ust. Faiz kelak memanggil & mencari saya saat di surga-Nya.
Saya sedang rindu beliau, melihat ceramah2 beliau, & mencari-cari tulisan tentang beliau, hingga menemukan tulisan ini.
BarokAllahu fiik(a) ya akhi...
Jazakallah khoir...

stagyyude mengatakan...

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa beliau, merahmaatinya dan memberikan tempat terindah di sisi-Nya... Aamiin...

Unknown mengatakan...

Ingin menangis rasanya mengingat indahnya jaman2 duduk di majlis beliau Rahimahullah semasa SMA dulu. Masyaallaah kangennya ...

Posting Komentar

Silahkan Berdiskusi...Tangan Kami Terbuka Insya Allah