KAJIAN ISLAM DAN KARYA PENA

KAJIAN ISLAM YANG MEMUAT HAL-HAL BERKAITAN TENTANG PENGETAHUAN ISLAM BAIK SADURAN ATAU KARYA ASLI. BAIK HAL AKIDAH, MUAMALAT, FIKIH ATAUPUN TASKIYATUN NUFS (PENYUCIAN HATI)

JUGA KARYA PENA UMUM BERUPA PUISI CERPEN DAN KARANGAN ATAU ILMU PENGETAHUAN UMUM DAN PENELITIAN ILMIAH

Rabu, 05 Februari 2014

PENGALAMAN MEMBUAT PASPOR RI



PENGALAMAN ANE BIKIN PASPORT 
DI KOTA MALANG

Segala Puji Bagi Allah. Semoga shalawat serta salam tetap tercurah kepada Rasulullah, keluarganya, para sahabatnya dan seluruh umat yang mengikuti sunnah beliau hingga akhir zamman. Amma ba’d.
Bahasa artikel Ane kali ini gaul aje yah Gan? ala Kaskus, whehehe. Ndak seserius biasanya.
Ane tulis artikel ini berawal dari berita mengagetkan dari seorang temen Ane and juga temennya adek Ane, namanya Abdul Waheed dari Saudi Arabia/Mekkah. Waktu malem-malem enak-enak nge-Teh, tiba-tiba adek Ane bilang, “Mas, Abdul Waheed (WN-Saudi Arabia) insya Allah mau bayarin kita umroh, tapi hanya separoh aja lainnya cari sendiri.” Wah Ane pusing juga Gan, umroh di Indonesia paling murah USD 1600 yang lumayan USD 2500. Kalikan aja sama kurs dollar terhadap rupiah sekarang. Yah kira-kira 19,3 sampai 30.5 juta bahkan mungkin ada yang lebih gan.
Inget Gan, satu orang. Kalo dua orang? Katakanlah 20 juta per orang maka yah ngrogoh kocek IDR 40 juta lah. Nah kalo Ane yang berangkat, adek Ane iri. Kalo adek Ane yang berangkat Ane yang ngambek, lagian dia akhowat harus ada mahramnye. Ane lalu tanyak ke Abdul Waheed bagaimana kalau umroh satu orang dan Ane mahramnya, eh dijawab, “Mahram harus di atas 40 tahun.” Grrr, lah Ane masih 25 tahun Gan. Akhirnya, yaudah kita pake visa visit untuk ngunjungin Abdul Waheed aja, ntar nginep dulu 3 hari lantas sekalian umroh. Tapi niat tetep umroh loh ya. So itung-itungan biaya sekitar IDR 32 Juta lumayaaan (menghemat 8 juta rupiah. Oi, delapan juta loh bukan 8 ripisss).
Abdul Waheed pun kirim Whatsapp dan menyatakan, “Insya Allah mau Ane usahakan biayain kalian umroh pake visa visit Gan.” Ane bilang, “Kalau jadi Ane ama adek baru bisa berangkat Insya Allah bulan Juni, cz adek Ane masih SMP dan nanti liburan setelah UAN. Kami gak maksa loh Gan” Dia bilang, “Ok Insya Allah Ane usahakan, kalau ndak bisa Bulan Juni, ya ntar Ane usahakan setelah Bulan Haji taun ini.”. Alhamdulillah hamdan katsiron mubarokan fih, walo masih berupa janji tapi adem dengernya.
Tinggal masalahnya Ane gak pernah ke luar negeri Gan, Ane taunya yang dibutuhkan selain fulus tuh Paspor dan Visa. Langsung Ane searching, cara-cara bikin keduanya. Akhirnya dapet info kalo visa diurus pakek agen deket-deket keberangkatan. Visa visit tuh hanya satu bulan semenjak diterbitkannya, nah nih kayaknya masih lama berangkatnya, so percuma bikin visa hangus di tengah jalan. Biaya Visa plus dana lain-lain untuk kondisi tak terduga dan oleh-oleh sekitar IDR 2 juta (ne critanye manfaatin temen tah? Qiqi, gak lah yang ngundang terserah nanti gimana, kan yang penting ngasi estimasi biaya dulu). Kedua, syarat ngurus visa harus pakek paspor, nah nih ternyata yang harus diurus duluan. PASPOR.
Akhirnya Ane tanyak ke Facebook segala, sama temen-temen dijawab ngurus aja di Kantor Imigrasi kota ente, cepet kok! biaya paling hanya IDR 250 ribu. Lantas ada juga yang bilang LENGKAP! Soalnya beliau udah sepuh dan kenal ama orang yang biasa bikin paspor untuk umrohnya Kaum Muslimin. Beliau bilang, “Ada, Ane punya temen bisa ngurusin. Cepet and gak bolak-balik. Paling-paling hanya butuh KTP ama KK doang.” Ane tanyak, “Biaya Pak?” Beliau jawab, “Murah kok kalo diurusin IDR 500 ribu kalo ngurus sendiri biaya paling IDR 250 ribu, tapi ente bolak-balik.”
Mengingat Ane kerja di Toko Buku Al-Abbas Gan, melayani kebutuhan Kaum Muslimin untuk menunjang ilmu mereka dan kesehatan mereka. Waktu Ane gak banyak, kerja dari jam 7:30 pulang jam 14:30, apa bisa ya ngurus ndiri. Wes minta tolong diurusin aje lah, gak bolak-balik, cepet lagi. But, Ane penasaran juga kayak apa bikin paspor itu. Lantas Ane buka Kaskus, di situ ada sumpah serapah buat para calo Gan, gara-gara Si Calo nyerobot antrian, jadinya banyak yang nggerundel. Subhanallah, ternyata ngantri panjang juga yah dan Si Calo ini bertindak dzalim ama para pengantri. Wah gimana kerja Ane, tapi Ane dapet ilham dari Allah kemudian info dari Kaskuser Gan, kalo Ane harus dateng pagi-pagi. YUPS, START bikin paspor MULAI.
Hari Kamis sore abis pulang kerja Ane berniat ambil formulir dulu. Sekitar jam 14:45 nyampek Kantor Imigrasi Kota Malang. Lautan manusia udah pada nongkrong di dalem ruangan, entah apa aja yang mereka lakukan. Hadew, begini ini tah? Lantas Ane tanyak satpam, “Pak, mau ambil formulir bisa?” Satpam, “Yah silahkan, berapa orang?” Ane, “2 orang Pak.” Loker udah dikunci tapi Pak Satpamnya baek and mau ngambilin Ane formulir, TAPI kok satu? Ane tanyak, “Pak satu formulir untuk 2 orang?” Satpam, “Ya ndak.” Ane, “Nah ini Ane untuk 2 orang Pak.” Akhirnya ama Pak Satpam ngambil satu lagi buat Ane. Alhamdulillah, laa hawla wa laa quwwata ila billah. Langsung Ane ngacir pulang.
Di rumah, Ane ngisi berkas dan nglengkapi dengan fotokopi syarat dan bukti fisik dan Ane siapkan semuanya. Bukti fisik ini ente bawa terus Gan, jangan disimpen di brankas lagi sebelum paspor sampek di tangan ente, buat jaga-jaga. Trus Ane liat banyak di beberapa wilayah yang dipermasalahkan karena bikin paspor 24 halaman. Katanya 24 halaman untuk TKI yang 48 halaman untuk paspor biasa. So, mending ente ngisi yang 48 halaman aje Gan untuk menghindari khilafiyah, walo sebenernya gak ada beda antara 24 and 48 halaman. Tapi biar ntar gak ade masalah. Kita orang Muslim kan selalu menghindari khilafiyah selama itu memang ada perbedaan pendapat yang gak prinsip. Ya kan?! ^-^
Benernya kalo ada yang punya waktu luang and ngambilnya pagi bisa langsung ambil formulir dilengkapi datanya dan syaratnya ntar langsung ngantri sampek TAHAP 1 rampung, tapi Ane ndak. Pulang dulu dah, males antri di sore hari ntar pulangnya malem lagi, hehe. (nB: Batas masuk antrian sampek jam 11)
Hari SENIN ana ijin tuker jam sore di tempat kerja, masuk jam 10:00 pulang jam 17:00. Ane niatin berangkat puagi banget, jam 6:30 persis anak sekolahan Gan. Sampek di Kantor Imigrasi Malang, Alhamdulillah suuuepi masihan.
Sampek sana ana tolah-toleh, harus gimana, yang penting data dan syarat uda Ane lengkapi. Syaratnya (bikin paspor baru): (1) KTP; (2) Kartu Keluarga; (3) Akte Kelahiran; (4) Semua fotokopi yang asli dibawa. Untuk KTP fotokopinya jangan dipotong, biarin aja dalam satu bingkai kertas Folio ato A4. Lanjut Gan à
Ane gak tau ini formulir ditaruh mana? Lantas Ane telisik kok ada ibu-ibu menaruh formulir permohonan di atas meja deket satpam. Ane lantas taruh aja di situ, plus satpamnya juga angguk-angguk. Tapi Ane keduluan Gan, uda ada beberapa tumpuk berkas yang ada di atas meja satpam itu. Sambil menanti, Ane baca-baca buku, eh gak begitu lama (jam 7:15 WIB) Ane dipanggil. “Yup Pak”, dengan sigap Ane dah maju dan Ane diminta duduk di kursi petugas yang memberikan nomor antrian input berkas. Di situ ada sedikit introgasi, “Mas mau kemana.” Ane jawab, “Umroh Pak.” ” Owh.”
Petugas pakaian biru, berbadan gendhut, berkumis tebel dengan usia paroh baya itu pun melihat berkas-berkas dan data-data Ane. Langsung tiba-tiba nyobek KTP fotokopian Ane Gan, “Ini jangan dipotong”. Huft, Ane pikir apa. Lantas dia lihat data Ane, “Kerja di mana?” Ane jawab, “Wiraswasta Pak.” Dia bilang, “Lah ini dosen apa?” Ane jawab, “Dosen Kontrak aja Pak.” Emang Ane nulisnya pekerjaan Wiraswasta and dosen, mengingat Ane juga diminta ngajar di salah satu STIE di Kota Malang, hanya ngajarnya hari Ahad aje and upahnya juga per datang. Lak namanya kontrak itu?
Satpam itu tampak mikir Gan, terus bilang, “Harusnya ini ada rekomendasi dari atasan.” Ane jawab, “Ane wiraswasta senin sampek Sabtu jual buku, ngajar hari Ahad aje, ngapain harus bilang atasan?” (toh kalo Ane bilang atasan untuk bikin paspor, wong berangkat umrohnya masih agak lama insya Allah). Dia bilang, “Iye, tapi ente ke luar negeri kan harusnya bilang atasan. Ente digaji ndak?” Ane bilang, “Yah” Dia bilang, “Lah iya, hendaknya syarat-syarat ini dilengkapi Mas.” Sambil ngomong sambil nyeteples nomor antrian Gan, kena nomor LIMA “Yesss”. Dalem ati Ane, ini bisa diusahakan lah. Trus Ane ke fotocopian ngopy KTP and (jrenggg) nip-ex pekerjaan “DOSEN”. NEXT à
Fotocopy-nya cukup deket dengan kantor jadi gak lama. Langsung deh Ane masuk and nunggu antrian. Gak lama Gan langsung dipanggil, pas yang melayani berkas ibu-ibu. Ditanyak, “Keperluan apa Mas?” Ane jawab, “Umroh Bu.” Eh, ibunya tanyak, “Lewat PT mana?” Ane agak bingung, tapi Ane jawab, “Insya Allah lewat PeTe Ehh, yang di jalan Letjend. Soetojo itu bu. Lewat Pak Yusuf atau mungkin Pak Hasan.” Catetan nich Gan, untuk visa emang harus pakek agen, nah kalo emang Abdul Waheed beri kami (insya Allah) dana cukup buat daftar umroh ya pakek agen dan visa umroh aje di PT An-Nahl, itu agen yang bagus. Tapi kalo harus pakek visa visit rencana Ane punya kenalan namanya Pak Hasan, beliau insya Allah bisa buatin visa buat kami.
Yup, lalu ibunya senyam-senyum, sambil serius njepretin berkas pakek stappler and nulis-nulis apa aja itu di berkas Ane. “Pekerjaan Wiraswasta? Apa?” Tanya ibu itu. Ane jawab, “Eh, wirausaha Bu.” Ibu Petugas, “Apa” (Haduh Kepo) Ane, “Usaha jual buku.” Ibu Petugas, “Oh, ini mas berkasnya masuk ya. Lakukan pembayaran di Bank BNI, terus besok datang lagi ke sini tanggal 5 Februari 2014 jam 08:00 s.d jam 11:00 WIB ya? Untuk proses foto sama wawancara.” Ane, “Sip Bu, insya Allah.” WAWANCARA?! Apaan tuh?
Yaudahlah, yang penting uda selesai berkasnya. Cepet Gan, waktu menunjukkan pukul 09:00 WIB kerja 1 jam lagi. Ane langsung ke Bank BNI melakukan pembayaran. Kena biaya IDR 255.000, dapet resi dan bukti pembayaran. Cepet Gan, ndak sampek satu jam selesai (pas antriannya juga gak lama di bank). Alhamdulillah. NEXT à
Tanggal 5 dateng lagi dei, pas hari Rabu. Ane berangkat jam 6:40 WIB sampek Kantor Imigrasi jam 07:00 WIB, uda rame Gan. Ane langsung aja masuk kantor bludhus, emang Ane dah tau Gan kantor gak dikunci walo tulisannya tutup. Ane liat berkas uda banyak yang numpuk tapi dah ada nomer antriannya, waduh dag-dig-dug Ane. Satpamnya juga belum ada, orang-orang di ruangan itu juga belum pada datang. Masalah toko, Ane udah tuker jam dan harus masuk melayani Kaum Muslimin yang mau beli kitab dan herbal paling lambat jam 10:00, gak papa dah ijin aja kalo misal antrian gak nutut. Tapi kasian temen Ane yang sendirian melayani mereka yang mau menuntut ilmu syar’I melalui kitab.
Ane liat semua berkas dah ada nomor antrian, lah punya Ane hanya ada berkas resi bank dan bukti entry data. Tiba-tiba Ane diingetkan (oleh Allah) sewaktu masukkan berkas dua hari lalu bahwa ada orang naruh berkas di sebelah kiri yang ada nomor antriannya, dan ada yang naruh berkas di sebelah kanan yang belum ada nomor antriannya. Langsung dan Ane letakkan berkas di sebelah kanan dan hanya ada berkas ANE, lantas Ane keluar lagi ogah kalo diusir satpam. Baru duduk 10 menit ada ibu-ibu masuk, eh lantas orang-orang yang laen pada ngikutin ibu itu masuk dan nunggu di dalem, yaudah masuk aja. Ruangannya sejuk Gan, ber AC masih sepi lagi.
Jam 7:35 WIB pintu resmi dibuka, orang-orang langsung bergerumbul masuk. Ane pun masuk, gak ketinggalan Satpam dan juga para pegawai berbaju biru sudah stand by di dalam ruangan. Lantas orang-orang naruh berkas di sebelah kiri dan ada yang kanan, penasaran Ane lantas tanyak Pak Satpam, “Pak, apa sih bedanya berkas ini sama ini?” Om Satpam bilang, “Ini untuk ngambil Paspor kalo ini untuk ngambil nomor antrian buat foto ama sidik jari dan wawancara.” “Oh, makasih ya Pak”. Yess, number one.
Lak bener to? Nama Ane dipanggil pertama Gan, seneng rasanya. Langsung jam 7:45 dapet panggilan untuk menunjukkan berkas pembayaran bank pada loket kasir (mengingat perundang-undangan yang baru dinyatakan bahwa pembayaran permohonan pembuatan semua paspor harus melalui bank, maka bagi pengurus paspor hanya nunjukkan resi aja di kasir. Ajiiib). “Sudah mas, antri untuk foto ama wawancara ya?” Kata Petugas Kasir berbaju biru itu. “Okay Pak. Gak sampek 5 menit ^-^” NEXT à
Nunggunya gak terlalu lama Gan, mungkin masih komputer loading. Selama Ane ngurus paspor di Kantor Imigrasi Kota Malang, ndak ada yang namanya keganggu calo seperti yang digembar-gemborkan orang. Entah mungkin kalo ada calo diberi ruangan khusus kali, whehe. Dulu tamu Ane dari Pakistan juga agak sebel sama petugas kantor imigrasi yang kurang tanggap, itu 2 tahun yang lalu. Kini sip dah. Salut ama pelayanan Kantor Imigrasi Kota Malang (semoga bukan hanya saat ini saja, tapi hingga akhir zamman, hehe).
Thoyyib, next 15 menit Ane nunggu dipanggil ama komputer. Nomor antrian SATU silahkan untuk FOTO. Ane lalu masuk ruangan yang nyaman dengan kursi yang sip. Sekarang tukang foto kayaknya ndak laku kecuali untuk ijazah, coz pelayanan negara saat ini sudah pakek foto digital semua, termasuk pembuatan paspor. Kalo dulu mesti harus afdruk, gini dan gitu. Ijazah pun harusnya ada foto digitalnya bro biar cepet, whehe. Pengalaman foto paspor pertama nih Gan (yang kedua insya Allah males ah nulis lagi, whehe).
Ada catatan untuk foto, kalo ente akhowat cadaran harus siap melepas cadarnya, coz wajahnya harus kelihatan. Kalo ente suka pakek topi harus dilepas, apalagi pakek masker ala the mask, udah suruh nglepas diusir lagi. Kalo ente pakek kacamata disuruh lepas, apalagi soft lense. Ane aje pakek jaket disuruh nglepas, abis dingiin. Yaudah, karena disuruh nglepas lepas aja daripada ribut.
Abis foto langsung diambil sidik jarinya. Sepuluh jari Gan, ndak main-main. Kali aja kalo mungkin tangannya ada yang terkena hukum had karena nyolong duit rakyat I M ilang satu masih ada satunya. Tapi gak diambil sidik jari kaki juga, kalo misal tangannya kepotong dua-duanya soalnya matanya ijo kalo liat uang rakyat, yah tanggung sendiri dah gak bisa jalan-jalan ke luar negeri lagi. Bagi akhowat yang mau diambil sidik jarinya, kaos tangan terpaksa dilepas dulu. Kalo mau dipegang-pegang jarinya ama bapak yang ngambil sidik jari, bilang aja “Maaf pak biar saya sendiri.” Ato kalo berani, “Afwan Bro, ente bukan mahram Ane!”. Karena biasanya pas ngambil sidik jari,  bapaknya mesti megang-megang jari ente. Jangankan akhowat gadis perawan, ane yang cowok aja dipegang jarinya. Maksud biar pas dan mudah kebaca alat detektor sidik jari Gan, bukan mau ngapa-ngapain, tapi kalo syariat nglarang yah mesti ditaati toh?
 After that, ngantri untuk WAWANCARA, sereem! Di saat antrian itu Ane liat ada dua adek kecil bersama ibunya, yang satu pakek pakaian seragam SD yang satu belum sekolah. Keliatannya mau rencana ngikut ayahnya ke luar negeri, mau liburan or mau minggat gak tau lah, Allahu a’lam. Now, anak kecil walo bayi pun juga harus punya paspor sendiri loh kalo ke luar negeri, Ajib. Nah, kalo bayi usia 7 hari gimana motonya?!
Ini nich, sesi wawancara. Emang ente kira kayak mau ngelamar kerja di perusahaan gitu? Ditanyak ama Si Bos kamu kuliah dimana, IP berapa, Goblok ato gak? (ngejleb banget pertanyaannya). Ya Gak Lah, ealah ternyata pertanyaan itu hanya untuk nyocokin data di komputer. Gini Gan, berkas itu kan berupa lembaran kertas yang diisi pulpen so harus ada petugas entry datanya ke komputer. Jadi sebelum paspor dicetak harus bener-bener pas.
Ente bakal ditanya, “Coba liat ini Mas/Mbak, udah cocok?” *sambil suruh ngeliat layar CPU* Kita, “Cocok Pak/Bu”. Nah lalu Ente ditanya, “Mau kemana?” Kalo ditanya gini jangan sekali-kali bilang, “Mau apa aja boleh!” bakalan dikaplok ente. Jawab aja, “Mau Umroh/Haji.” Langsung petugasnya nge-click tombol “LULUS”, tapi kalo ente bilang mau studi bakal ditanya studi ke mana, jurusan apa. Apalagi petugasnya cowok jomblo galau and ente akhowat manis, siap-siap kayaknya diinterogasi kalo tujuannya studi. Or kalo ente yang sudah siap tempur lantas ditanya, “Mau kemana?” ente jawab polos, “Mau jihad ke Suriah Bos.” Yah udahlah ente langsung di dismis hari itu.
After that, ente diminta tanda tangan. Gak usah bagus-bagus pakek meliuk-liuk and titiknya berbentuk-bentuk kayak tandatangannya anak SD belajar bikin Tanda Tangan, sante aja. Kalopun ente artis terkenal juga tanda tangannya di secarik kertas. Setelah itu udah dei, dapet pemberitahuan untuk dateng lagi ke kantor Imigrasi Kota Malang sepekan kemudian, kalo Ane ya’ni tanggal 10 Februari 2014.
Setelah itu tinggal dateng pagi-pagi amat dan menanti dipanggil. Cepet kok kalo ambil berkas gak ada interogasi-interogasian. Walau ente akhowat cakep insya Allah aman dari kepo-kepoan, kecuali kalo petugasnya ikhwan gentle yang nanyak nama babe and alamat ente. Thayyib Gan, itulah pengalaman Ane bikin paspor Republik Indonesia untuk keperluan Umroh Ane insya Allah. Semoga Allah mengabulkan harapan Ane dan adek Ane untuk bisa pergi ke tanah suci. Aamiin.

Ditulis di Malang, 5 Februari 2014
@nd-435:554

nB: yang mau komen silahkan. Insya Allah kalo ada pertanyaan yang bisa Ane jawab, yang gak yah mohon maaf tidak tahu. Tapi ane usahakan tuk searching and answering. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Suara Nada Islami

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Ga ada itu paspor TKI...

Silahkan dibaca https://lapor.ukp.go.id/id/1148700/perbedaan-paspor-24-halaman-dan-paspor-48-halaman.html :D

ARNANDA AJI SAPUTRA mengatakan...

Bapak Rama Rusikan: Nah, itulah "Syubhat" yang ada di kantor imigrasi pak, mereka mendesak agar bisa dibuatkan pasword 48 halaman untuk yang umum, yang lainnya katanya untuk TKI. Alhamdulillah di Malang sudah ndak seperti itu...

Posting Komentar

Silahkan Berdiskusi...Tangan Kami Terbuka Insya Allah